Ciri Training Terbaik

Ciri Training Terbaik

Ciri training terbaik – Di tengah begitu banyaknya lembaga training yang menawarkan program-programnya, tentu kita merasa beruntung sebagai calon pesertanya, karena semakin banyak pilihan semakin baik. Tetapi kita juga harus bisa menyeleksi, lembaga mana yang benar-benar punya visi misi mengembangkan diri kita nantinya, bukan hanya sekadar mengejar target mencari pemasukkan. Jika hanya sekedar mengejar target pemasukan, sudah tentu servis yang tidak akan optimal, dan imbasnya input skill ke kita sebagai peserta tidak optimal juga.

Ciri Training Terbaik dan Pengertiannya

Training  adalah sesuatu sebuah proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir, sehingga peserta training dapat belajar tentang pengetahuan dan skill untuk tujuan tertentu. Jika sudah mampu memberikan dua hal di atas, pengetahuan dan skill, maka sebuah lembaga training sudah bisa dikatakan baik. Lalu bagaimana dengan ciri lembaga training terbaik itu? Ada 3 kriteria atau ciri  yang bisa menentukan sebuah lembaga sebagai lembaga training terbaik, yakni:

  1. Bisa mentransfer knowledge atau pengetahuan kepada peserta training dengan efektif. Harus efektif karena training biasanya berlangsung dalam waktu yang terbatas, dengan peserta yang beragam, sehingga membutuhkan kematangan trainer atau fasilitator dalam hal metode penyampaian materi.
  2. Bisa melatih skill atau ketrampilan peserta training secara nyata, karena training pada dasarnya adalah pelatihan, yang berarti juga membutuhkan bobot praktik yang lebih banyak dibandingkan teori. Output training ke depannya bisa mempraktikan skill yang didapat dalam karir dan kehidupannya nanti. Tentu peran pendampingan trainer setelah training selesai juga masih dibutuhkan.
  3. Yang terakhir, training terbaik adalah training yang bisa mentransfer attitude atau tingkah laku dari tariner ke pesertanya, sesuai bidang yang dilatihkan. Artinya, lembaga training menjadi terbaik jika memiliki trainer atau fasilitator yang bisa menjadi role model, membawa roh perubahan, dan membawa suasana pelatihan sehingga dalam waktu relatif pendek, semua peserta juga mengalami perubahan attitude ke arah yang lebih baik.

Syarat Agar Training Berhasil

Ciri training terbaik sebenarnya tidak hanya tergantung pada sistem, trainer, dan lembaganya, tetapi juga kepada masing-masing peserta. Sebaik apapun materi, skill, dan attitude yang disampaikan, jika peserta tidak siap, maka hasilnya juga tidak akan optimal. Lalu bagaimana caranya agar peserta training bisa berhasil secara optimal? Setidaknya ada 3 syarat atau hal yang perlu dilakukan oleh setiap peserta, yakni:

  1. Jalankan proses unlearn sebelum training. Dalam hal ini, kosongkan pikiran, atau endapkan segala pengetahuan / ilmu / dasar yang sudah kita miliki sebagai peserta, yang mungkin pernah kita peroleh sebelumnya. Ibaratnya, kosongkan gelas dulu jika menginginkan diisi air baru segelas, sehingga air barunya bisa masuk ke gelas tersebut.
  2. Learn. Inilah saatnya proses belajar, dimana pikiran kita sudah siap menerima hal yang baru.
  3. Relearn, adalah proses setelah training selesai. Pada proses ini, peserta bisa langsung mempraktikan ilmu, skill, dan perubahan attitude yang diperoleh selama training. 

Revolution Mind Indonesia, Lembaga Training Terbaik

Dengan berdasar visi misi yang jelas, didukung fasilitator (coach dan master) yang mumpuni, RMI jelas merupakan lembaga training di bidang NLP, public speaking, hipnoterapi yang terbaik di kelasnya, dan sudah menjadi pilihan bagi pengembangan SDM perusahaan dan perorangan, baik daerah Jabodetabek maupun seluruh Indonesia. Ingin diskusi atau menanyakan training yang cocok bagi pengembangan karir dan skill Anda? Silahkan kontak kami, dan kami siap membantu Anda. Salam….

Published: September 29, 2022

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya

Scroll to Top

Sign Up For Our Newsletter

Get daily insight and update containing tips, skills for your creativity

Zero Spam. You Can Unsubscribe Anytime